PTQ AL-HASANAH

TENTANG PTQ AL-HASANAH

Profil

Pondok pesantren keberdiriannya dalam masyarakat islam adalah sebagai benteng yang kokoh, karena di dalamnya muncul para tokoh masyarakat, ulama, kiai, cendekiawan muslim serta generasi penerus yang memperjuangkan syariat agama islam yang benar-benar menguasai akan ajaran-ajaran keagamaan baik secara konstektual maupun tekstual.

Pondok Pesantren Tahfizh Al Quran ( PPTQ ) Al Hasanah didirikan pada tahun 2005 oleh Khadim al Quran Dr. H. Mohamad Satiri Wahab, Al Hafidz. M.Ag bersama istrinya Hj. Hanhan Hasbiyani Ridwan, S.Q. S.Hi salah seorang putri K.H Muhamad Ridwan, sekaligus sesepuh pesantren al Islamiyyah Cikalongwetan Bandung Barat yang menawarkan program menghafal Al Quran dengan memadukan wawasan keislaman berbasis tradisi kepesantrenan dengan penekanan pada wawasan keilmuan al quran,dan kewirausahaan.

PPTQ Al Hasanah, didirikan sebagai wahana menciptakan kader muslim intelek yang hafal quran serta berwawasan keilmuan islam yang komprehensif berlandaskan nilai-nilai luhur ajaran Islam yang moderat, progresif serta berjiwa enterpreneurs, dengan mengembangkan 3 aspek yang terdapat dalam diri santri meliputi : 1. Knowing capability(Intelektual ), 2. Skill capability (keahlian ) dan 3. Attitude capability (sikap ).

Pada pengetahuan meliputi kajian‘ulumul quran, serta ilmu keislaman meliputi : Bahasa Arab dan Inggris, Tarikh Nabawi, Fiqih. Keterampilan sebagai penunjang kehidupan para santri seperti : Tata boga, dan computer sehingga mereka mampu hidup mandiri.

Sikap/ perilaku, melalui pembiasaan guna menghasilkan santri yang berakhlak luhur serta bertanggung jawab dalam hidupnya.

Disamping itu Pondok Pesantren tahfizh al quran Al hasanah dalam mendidik para santrinya mengkolaborasikan antara sistem kholafiyyah ( modern ) serta sistem salafiyyah ( tradisional ) berciri khas kepesantrenan, sehingga terwujud keseimbangan menurut evolusi perputaran zaman. Pada sistem pembelajaran PTQ Al Hasanah menitik beratkannya pada tiga komponen sebagai ciri khasnya yaitu : Al quran al Karim ( dengan tahfizh al qurannya ), 2. Kajian kitab kuning dan 3. Penguasaan bahasa asing ( inggris / arab ) dan bahasa lokal.

Maka pada tahun 2015 dengan tawakkal dan mengharapkan ridho Allah Swt serta dorongan para alumni dan masyarakat sekitar didirikanlah Pondok Pesantren Tahfizh Al Quran dengan nama PPTQ AL HASANAH, yang berada dalam naungan Yayasan Al Hasanah Cikalongwetan dengan Nomor : AHU-0025980.AH.01.04 tahun 2015, dengan legalitas dari Kantor kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat No. 2445/KK.10.26/3/PP.00.7/05/2016.

Sehingga Pondok Pesantren Tahfizh Al Quran ( PPTQ ) Al Hasanah berusaha untuk menjadikan pesantren ini sebagai wahana untuk menciptakan kader-kader intelektual muslim dimasa datang yang hafal quran serta memiliki wawasan keilmuan keislaman yang komprehensif berbasiskan nilai-nilai luhur ajaran islam yang moderat, toleran dan progresif

Visi & Misi

“ BERILMU AMALIYAH, BERAMAL ILMIYAH, BERAKHLAK KARIMAH, BERJIWA QURANIYAH DAN BERMU’ASYAROH BASYARIYAH “

Visi

Menjadi Pondok Pesantren Tahfizh Al Quran Al Hasanah berbasis IT system serta berbudaya lingkungan hidup dalam mewujudkan cendekiawan muslim yang unggul dalam IMTAQ dan IPTEK, terampil berbahasa local dan internasional secara lisan maupun tulisan, serta berkualitas dalam prestasi.

Misi

  • Menjadikan pondok pesantren tahfizh Al quran Al Hasanah sebagai pusat kajian ilmu-ilmu Al quran dan tafsir.

  • Mempersiapkan SDM penghafal al quran yang berkualitas dan mampu berperan aktif dalam pergaulan global.

  • Memberdayakan para penghafal al quran agar dapat berdedikasi ditengah masyarakat secara optimal dan berdikari.

  • Mewujudkan generasi cendikiawan muslim beraqidah islamiyah, berakhlakul karimah.

  • Mewujudkan generasi penghafal Al-Qur’an.